News Detail



Alasan-alasan Surgawi Kenapa Kamu Harus Kerja di Perusahaan Startup

Bisa dikatakan dewasa ini, mencari pekerjaan bukanlah hal yang sulit lagi. Mendapatkan pekerjaan memang terbilang mudah. Yang sulit adalah mendapatkan pekerjaan yang cocok untuk kita. Nah, saat ini di Indonesia banyak sekali bermunculan perusahaan-perusahaan startup. Startup identik dengan lingkungan kerjanya yang santai, asik, dan menyenangkan. Mungkin bekerja di startup bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan oleh para pencari kerja.

Memang kenapa sih? Apa sih asiknya perusahaan startup? Yuk, langsung aja disimak!

1. Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Banyak perusahaan startup yang dibuat dengan lingkungan yang menyenangkan. Hal ini dilakukan agar karyawannya betah bekerja disana. Seperti yang diketahui, startup merupakan perusahaan yang baru memulai untuk merintis, dimana yang kita tahu merintis sesuatu bukanlah hal yang mudah. Jadi diharapkan dengan menciptakan lingkungan yang menyenangkan, karyawan dapat merasa terhibur di sela-sela tekanan pekerjaan.

2. Mencoba hal baru

Buat kamu yang merasa bosan dengan hal yang monoton dan itu-itu saja. Startup dapat menjadi pilihan. Perusahaan startup terkenal dengan situasi pasang surutnya yang sering terjadi. Namanya juga baru mulai merintis, pasti ada aja deh hambatan di tengah-tengah pekerjaan. Namun hal ini ga selalu buruk loh, dikala pasang surut ini justru kamu dapat mengasah diri dan menantang diri kamu. Di situasi-situasi seperti inilah kamu akan dipaksa untuk keluar dari comfort zone; and getting out of your comfort zone is never a bad thing. Hal-hal tersebut pasti greget dan gak bikin gampang bosan deh. Maka dari itu, banyak sekali anak-anak muda yang lebih memilih bekerja di perusahaan startup ketimbang perusahaan corporate yang pekerjaannya itu-itu saja.

3. Memberimu Tanggung Jawab yang Lebih Besar

“With great power, comes great responsibility.” Meskipun perusahaan startup menyediakan fasilitas yang memanjakan karyawannya, bukan berarti kamu bisa main atau santai terus loh. Masing-masing karyawan startup biasanya memiliki peranan penting di dalam perusahaannya. Hal ini dikarenakan pegawainya yang biasanya tidak begitu banyak. Apalagi perusahaan startup biasanya tidak menerima sembarang orang, karena mereka membutuhkan orang-orang yang dipercaya mempunyai kapabilitas tinggi untuk membangun perusahaan. Jadi biasanya setelah masuk ke perusahaan startup artinya kamu mengemban tanggung jawab penting.

4. Lebih bebas

Gaya pekerja startup memang khas! Kalau kamu masuk ke sebuah perusahaan startup, kamu jangan heran kalau akan banyak permainan dan pajangan unik di meja-meja karyawannya. Ya! biasanya perusahaan startup memperbolehkan pegawainya untuk ‘refreshing’ ditengah pekerjaannya. Namun, ‘refreshing’ ini juga harus dipakai secara bijaksana dan bertanggung jawab. Ingat, kerjaan kelar dulu, baru boleh bebas.

5. Menambah Kreativitas

Bekerja di perusahaan startup berarti kamu bekerja dengan orang-orang yang berbeda pemikiran dan mempunyai jiwa membangun. Dengan berkumpul bersama orang-orang inovatif, maka kamupun akan kecipratan kreativitas mereka dalam menciptakan inovasi. Sehingga bisa jadi kamu bertambah kreativitasnya! Cocok buat kamu yang bercita-cita jadi entrepreneur. Ingat, work with the best, learn from the best!

6. Ikatan yang kuat sesama kolega

Selain karena terdiri dari anak-anak muda, biasanya hubungan antar karyawannya juga sangat erat. Mungkin karena sama-sama membangun dari nol, sehingga akan terasa momen susah bareng dan senang bareng. Jadi gak heran, kalau di perusahaan startup biasanya juga ada percikan-percikan cinlok. Hihi.

7. Bangga jika sukses

Tentunya sebagai salah satu yang ikut membangun perusahaan, kamu akan turut bangga kalau perusahaan startup tempat kamu bekerja sukses suatu hari. Karena kamu juga pasti akan kecipratan menjadi ‘salah satu pihak yang turut menyukseskan perusahaan’. Dan pasti akan ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri deh. Apalagi biasanya perusahaan akan melakukan rekrutmen anak-anak baru jika sudah sukses. Dan kamu bisa mulai berharap bakal naik pangkat! Hehe.

Kira-kira begitulah suka ria bekerja di perusahaan startup. Untuk yang sedang mencari kerja dan berniat pindah kerja. Semoga perusahaan startup dapat menjadi pertimbangan kamu kedepannya yaaa...

Namun jangan lupa! Kinerja dan atittude yang baik juga sangat penting dalam bekerja. Jika kedua hal tersebut ada di diri kamu, niscaya kamu akan betah dan disayang bos deh! hehehe. Good luck!

Penulis: Boris Torentika

Editor: Sebastian Alex Dharmawangsa